Kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan, baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan sekolah. Namun di zaman sekarang untuk menciptakan lingkungan yang bersih cukup sulit untuk di atasi, karna masih terdapat banyak orang yang menyepelekan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di lingkungan sekolah. Kebersihan lingkungan sekolah sangatlah berpengaruh bagi aktivitas proses belajar mengajar, ketika kondisi kebersihan lingkungan sekolah tidak baik maka akan menimbulkan efek yang tidak baik pula bagi aktivitas proses pembelajaran.
Adapun fungsi lingkungan sekolah dapat membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan semua yang ada di lingkungan sekolah sekitarnya dengan mampunya para peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan di sekolah maka akan tercapai tujuan dalam pembelajaran tersebut. Dengan kebersihan lingkungan tergugah motivasi siswa untuk belajar dengan baik agar mendapatkan hasil belajar yang benar-benar memuaskan bagi siswa.[1]
Dalam sebuah jurnal penelitian menjelaskan bahwa dengan adanya kebersihan lingkungan dapat menumbuhkan karakter siswa terhadap kepedulian dan kedisiplinan kebersihan lingkungan sekitar. Keberadaan lingkungan sekolah yang bersih memiliki banyak manfaat, salah satunya kebersihan kelas dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.[2]
Kesadaran akan pentingnya kesehatan sudah harus ditanamkan dari lingkup keluarga, sehingga anak usia sekolah sudah terlatih untuk menjaga kesehatan.Salah satu upaya yang dipromosikan pemerintah yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penerapan PHBS dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa, sehingga meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka dalam belajar. Selain itu, penerapan PHBS juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan, sehingga memotivasi siswa untuk belajar lebih giat.[3]
Menurut pendapat Dalyono menyatakan bahwa lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak terutama pada tingkat kecerdasan. Lingkungan sekolah memegang peranan penting dalam meningkatkan mentalitas anak, karena kelengkapan pada saat proses pembelajaran serta kondisi lingkungan sekolah yang memadai sangat penting dalam terciptanya lingkungan belajar yang optimal. Suatu lembaga pendidikan yang baik memiliki persyaratan yang harus dipenuhi, seperti adanya guru, adanya murid, sarana dan prasarana, program pendidikan dan fasilitas. Pola pembelajaran yang telah disusun dan diatur memungkinkan kegiatan belajar mengajar yang berjalan dengan efektif, terpola, dan terstruktur pada pengembangan dan pembentukan diri siswa di sekolah.[4]
Lingkungan belajar yang efektif adalah lingkungan belajar yang produktif, di mana sebuah lingkungan belajar yang didesain atau dibangun untuk membantu siswa meningkatkan produktifitas belajar mereka sehingga proses belajar mengajar tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini dapat digambarkan dengan kemudahan para siswa dalam berfikir, berkreasi dan mampu secara aktif dikarenakan lingkungan belajar yang bersih dan sangat mendukung timbulnya ketertiban dan kenyamanan pada saat proses belajar mengajar berlangsung, berbeda halnya dengan lingkungan belajar yang kotor, tentunya akan menimbulkan kesan malas dan membosankan sehingga tidak muncul rasa semangat yang dengan sendirinya dapat mempengaruhi minat belajar siswa.[5] Ketika seorang anak didik menjadi tekun dalam belajar, hampir dapat dipastikan dia termotivasi dengan sesuatu salah satunya dengan adanya lingkungan sekolah yang bersih sehingga termotivasi untuk belajar dengan semangat.
Penulis : Ustadzah Nazzalna Amirotuz Z. S.Pd (Guru Al Qur’an SMAIT Al Uswah Tuban)
Rujukan:
[1] Nurasyiyah Harahap, Pengaruh Kebersihan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN 101751, Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018.
[2] Ane Haerani, Citra Apriliani, dan Yufi Nasrullah, Urgensi Kebersihan Lingkungan Sekolah Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Agam Islam, 2022.
[3] Nadya Khairunnisa Purwana Sekarningrum Nurhidayah, Tiwi Ananta Luqyana, & Tin Rustini, Penerapan Perilaku Pola Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, Sindoro : Cendikia Pendidikan. Vol.4 No 9 Tahun 2024
[4] Mujiwati, Y., Paramitha, M., Arifin, M. Z., & Maulana, S. Menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan di sekolah ma al masyhur bugul kidul kota pasuruan. 1(2020), 157–164
[5] Syamsuri, Imam Nurhadi Anugerah, Pengaruh Kebersihan Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa, Jurnal Cendikia Sambas, Vol. 1 No. 1, 2020